Selasa, 25 September 2012

PEMBAGIAN JARINGAN BERDASARKAN JANGKAUAN | TIK





Pembagian jaringan berdasarkan jangkauan dapat terbagi menjadi :

 1. Jaringan LAN (Local Area Network)
Jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dengan mencakup dalam satu ruang atau satu gedung. Biasanya jangkauan dari jaringan LAN mencapai 1 km.


LAN juga merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

 2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainya dengan jangkauan jaringan yang lebih luas. MAN biasanya menghubungkan 2 LAN atau beberapa jaringan LAN yang berdekatan.
 contoh : Jaringan antar gedung


MAN juga merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.

  3. Jaringan WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang memiliki jangkauan yang sangat luas yang mencakup wilayah antar kota, provinsi, negara, maupun benua. WAN dihubungkan melalui gelombang elektromagnetik dgn bantuan satelit.

 WAN juga merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN.

untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini



1 komentar:

  1. sip, mantap gan infonya.

    jangan lupa visit blog ane ya

    http://cuci-gudang.blogspot.com/

    BalasHapus